Kurikulum 2013 Simulasi Digital ( Cara Mendaftar EDMODO )

Kurikulum 2013 untuk pembelajaran Simulasi Digital adalah penganti dari pembelajaran KKPI, yang setelah saya kaji lebih dalam ternyata sangat berbeda antara pembelajaran KKPI dengan Simulasi Digital. Dalam pembelajaran simulasi Digital ini ada banyak macam pembelajaran baru diantaranya mengunakan Jejaring sosial EDMODO untuk pembelajaran dengan memanfatkan fitur group dan elearning dan semacamnya.

Untuk hari ini saya akan sedikit sharing tentang tata cara mendaftar EDMODO Dan apa itu EDMODO.

TENTANG EDMODO.

Edmodo adalah platform media sosial yang sering digambarkan sebagai Facebook untuk sekolah dan dapat ber fungsi lebih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan. Edmodo merupakan aplikasi yang menarik bagi guru dan siswa dengan elemen sosial yang menyerupai Facebook, tapi sesungguhnya ada nilai lebih besar dalam aplikasi edukasi berbasis jejaring sosial ini.
Edmodo (dirancang oleh pendidik) yang juga berbasis cloud kolaborasi merupakan aplikasi yang cukup aman digunakan oleh guru dan siswa. Seorang guru, sekolah, kabupaten/kecamatan dapat dengan mudah mengelola sebuah sistem yang menyediakan fitur terbaik dan praktis menghilangkan kecemasan kita terhadap aktivitas yang biasa siswa lakukan dengan internet khususnya facebook.
Dengan platform ini Anda akan lebih mudah untuk memonitor interaksi siswa Anda dalam edmodo learning environment. Tidak ada yang bisa masuk ke ruang edmodo Anda tanpa undangan, dan siswa tidak dapat menggunakannya untuk berhubungan dengan orang asing seperti yang terjadi di Facebook. Anda dapat dengan mudah mengetahui jika ada pelanggar/penyusup/orang  asing yang terdaftar di kelas yang Anda kelola dengan edmodo.
Edmodo sangat komprehensif sebagai sebuah course management system seperti layaknya Moodle, bedanya adalah aksesnya lebih cepat dan lebih mudah penggunaannya dengan beberapa fitur yang fungsinya sama seperti layaknya sebuah course management system.

APA IMPLIKASINYA UNTUK PEMBELAJARAN ?


Edmodo seperti media pembelajaran lainnya, bisa menjadi hanya sebuah platform online untuk mendorong pembelajaran guru, atau dapat menjadi cara lebih kreatif untuk melibatkan para siswa dalam pembelajaran kolaboratif dan kognisi terdistribusi (Jenkins). Edmodo bukanlah jawaban untuk setiap kelas tetapi yang terpenting adalah platform ini memberikan aspek penting dari sebuah lingkungan belajar yang positif. Platform ini memberikan siswa jalur untuk berinteraksi dengan rekan-rekan mereka dan guru mereka dalam suasana akademis. Lebih jauh lagi penggunaan platform ini dapat mengajarkan siswa untuk bagaimana berperilaku secara online dan bertanggung jawab dalam mengatur kegiatan belajar mereka dengan sistem yang keamanannya terjamin. Pada hakikatnya platform ini adalah mudah dipelajari dan mudah digunakan terutama bagi para guru yang menganggap dirinya berada di luar basis pengetahuan teknologi yang berkembang saat ini.edmodo menyediakan lingkungan di mana mengajar dan belajar dapat menghasilkan kegembiraan siswa, siswa menjadi lebih mandiri, tanpa melupakan standar pengukuran keberhasilan siswa. Tidak dapat dipungkiri bahwa siswa akan menyukai pembelajaran lewat platform ini, dan ketika siswa merasa senang keinginan mereka untuk dapat mengatasi materi baru dan sulit akan meningkat. Edmodo adalah salah satu cara untuk membangun semangat siswa untuk belajar.

Melakukan Pendaftaran EDMODO.

NB: pendaftaran untuk siswa.
1.      Buka situs Edmodo https://www.edmodo.com/ , Pilih “ I’m a student”.

2.    Isikan Form Tersebut susuai Keinginan.




3.  Ini adalah tampilan Menu Home di EDMODO.

4. Finish....

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment