Penjelasan Tentang Modulus Atau Sisa Bagi


Dalam mempelajari bahasa pemograman seperti Python, C,C++,C#, PHP dan banyak lagi bahasa pemograman lain kita harus paham betul dengan Modulus atau Sisa bagi yang dalam pemograman disimbolkan "%" . Modulus sendiri berarti operasi yang menghasilkan sebuah hasil sisa bagi dari pembagian dari suatu bilangan terhadap bilangan lain

Biar tidak binggung langsung saja ke Contohnya :

7  mod 3 = 1.  Sisa dari pembagian adalah 1 
Penjelasan : 7 dibagi 3 adalah 2 yaitu dimana dalam operasi tersebut menghasilkan sisa bagi  dari 7:3=2 dan memiliki sisahnya 1 , dan 1 adalah yang disebut hasil dari modulus 7 mod 3

9 mod 3 = 0. Sisa dari pembagian adalah 0 
Penjelasan : 9 dibagi 3 adalah 3 yaitu dimana dalam operasi tersebut menghasilkan sisa bagi  dari 9:3=3, dan tidak memiliki sisahnya jadi diangap 0. dan 0 adalah yang disebut hasil dari modulus.


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

5 komentar:

  1. bagaimana dengan 19 % 7? kenapa sisa baginya adalah 5?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantapp ini yg ane cari, wkwkwk bangke semua blog ngasi infonya ambigu muter2 dan sulit dicerna, ehh pas liat komen malah to the point wkwkwk, lupa men gwe pelajaran modulo di kelas berapa cara ngitungnya jg lupa, mampir ke zenius malah disuruh belajar semua materi, suwun masbro share caranya.

      Delete
  2. Mantap penjelasannya mudah dimengerti

    ReplyDelete
  3. 19 di bagi 7 hanya dapat 2 yg berarti 14 lalu mencari sisa bagi nya 19 - 14 = 5..... logika sy spt itu...

    ReplyDelete