Tutorial Cara Menghubungkan Antara Pemrograman PHP ke Databases mysql


Pada saat ini  bahasa pemrograman Php adalah bahasa pemrograman yang paling banyak diminati khususnya bagi pengembang WEB atau sekarang ini web developer sapaan bagi mereka yang mengembangkan teknologi web dari segi pemograman atau dari segi desain web. Untuk saya pribadi memilih Bahasa pemograman Php antara lain dikarenakan memiliki banyak Referensi di internet tentang bahasa pemograman Php ini.

Dalam Tes percobaan menghubungkan antara Pemograman Php ke Database mysql ini. kita menggunakan beberapa aplikasi yang sudah ternama antara lain XAMPP yang paling powerfull yang digunakan sebagai localhost untuk membuat database mysql dan menjalankan Script Php anda nantinya.

untuk step awal anda bisa mendownload aplikasi yang saya rekomendasikan antara lain :
  1. XAMPP , digunakan sebagai localhost.
  2. Sublime Text, digunakan sebagai Editor untuk penulisan Kode Program Php nantinya.
kemudian setelah didownload aplikasi yang saya rekomendasikan tersebut anda bisa menginstall kedua aplikasi tersebut.

1. Pada langkah pertama ini setelah step installasi kedua aplikasi tersebut. anda bisa menjalankan aplikasi XAMPP dengan mengklik tombol "Start"  yang ada pada aplikasi XAMPP tersebut. 


buat anda yang XAMPP tidak berjalan atau tidak Running. bisa dengan mensetting port yang ada pada XAMPP tersebut. untuk caranya sudah saya siapkan. klik disini.

2. Pada step kedua ini kita membuat folder untuk menyimpan file script php kita.  buatlah folder di di direktori local c/xampp/htdocs  , dan buatlah sebuah folder bernama tes.


3. pada tahap ini sekarang kita membuat terlebih dahulu database kita dengan menggetikan link "localhost/phpmyadmin" atau "localhost:8080/phpmyadmin" bagi anda yang xampp tidak berjalan tadinya.

4. akan terbuka sebuah halaman web , disini kita akan membuat database kita dan beri nama "db_coba".



5.  setelah dabase terbuat , sekarang anda buka aplikasi text editor Sublime Text dan mengetikkan kode tersebut dan beri nama koneksi.php dan simpan di folder tes yang anda buat tadi.


6. Setelah Itu coba ketikan link di browser kamu http://localhost:8080/tes/koneski.php bagi anda yang xampp nya tidak berjalan tadinya. atau http://localhost/tes/koneski.php. jika tidak ada text apapun di web browser berarti anda sudah berhasil jika ada text script yang keluar pada halaman anda berarti ada kesalahan pengetikan.

.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment