5 Tips Aman Menggunakan Berbagai Sosial Media


Di zaman yang serba internet ini kita bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat, cukup dengan membuka mesin pencari google dan menuliskan apa yang kita mau dan akan keluar beberapa blog atau web yang menyediakan informasi yang kita tuliskan tadi di mesin pencari.

Dalam penggunaan internet terutama sosial media, kita harus teliti benar apa informasi yang kita berikan di sosial media tersebut. Ingat bahwa setiap orang dapat mengakses data diri kita dari sosial media termasuk hal pribadi sekali pun.

Ada beberapa hal yang tak perlu kita sharing berlebihan tentang informasi diri kita di sosial media.

  • Alamat Rumah. Alamat Rumah adalah salah satu hal yang tak perlu di umbar di sosial media, itu dikarenakan banyak perampokan rumah yang terjadi karna pengguna sosial media memberikan informasi alamat rumah yang lengkap sekaligus jelas, hal itu bisa memicu tindakan kriminal bagi seorang penjahat yang mencari informasi rumah seseorang di sosial media. 
  • Foto Anak. Buat orang tua pengguna sosial media jangan terlalu mengumbar foto anak anda di sosial media, karna ditakutkan terjadinya penculikan akibat anda memasang foto anak anda. 
  • Waspada Jika Ingin Bertemu dengan Teman Facebook anda. Disarankan agar lebih hati-hati dan waspada jika anda diajak bertemu dengan teman facebook anda, banyak hal yang bisa terjadi seperti penculikan, tindakan asusila, dan yang lebih parahnya lagi human trafficking atau perdagangan manusia. sedikit tips dari saya jika anda ingin bertemu dengan teman facebook anda kalau bisa anda mengajak teman anda yang bisa melindungi anda ketika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.
  • No Telp. No telp atau nomor hp adalah salah satu hal yang tak perlu dicantumkan di sosial media anda, karna akan membuat anda kerepotan sendiri dengan gangguan orang-orang yang suka iseng mengirimkan pesan yang isinya boleh dibilang tak berguna  atau menelfon anda hanya untuk sekedar menganggu aktifitas anda. 
  • Jangan Check in yang berlebih. Buat kamu yang hobinya check in lebih cerdaslah dalam memilih lokasi untuk check in . jangan sampai merugikan anda sendiri karna memberikan informasi keberadaan anda sendiri kepada banyak orang, seperti check in di bank , itu salah satu check in yang bisa mengakibatkan terjadi tindakan kriminal. 
Kesimpulannya : kita harus lebih berhati-hati dalam memberikan informasi data diri kita di sosial media, jangan sampai kita mengalami tindakan kejahatan dari infromasi yang kita berikan sendiri di sosial media. 

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment